cek sertifikat ak3u

Cek Sertifikat AK3U Kemnakermu! Asli atau Palsu

Sertifikat Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja Umum (AK3U) yang dikeluarkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI merupakan bukti kompetensi seseorang dalam bidang K3. Namun, maraknya peredaran sertifikat palsu membuat kita harus waspada. Berikut adalah cara membedakan sertifikat AK3U asli atau palsu:

  1. Cek Nomor Registrasinya

Sertifikat AK3U memiliki nomor registrasi unik di pojok kanan atas. Kode "AK/U" menunjukkan keahlian Ahli K3 Umum. Para pemalsu kadang hanya fokus pada nomor registrasi di depan dan mengabaikan kode di dalamnya. Jika kode tidak sesuai keahlian, waspadalah.

  1. Lihat Isi Sertifikatnya

Untuk membedakan sertifikat asli atau palsu, semua isi harus diperiksa teliti. Cek kalimat-kalimat yang aneh atau referensi peraturan yang tidak sesuai. Pernah ada kasus sertifikat ruang terbatas menyebut Permenaker 9/2010 yang seharusnya untuk pesawat angkut.

  1. Cek Perusahaan Jasa K3 Penyelenggaranya

Hampir semua pelatihan K3 menggunakan PJK3. Nama PJK3 biasanya tercantum di sertifikat. Hubungi penyelenggara dan tanyakan apakah benar mereka mengeluarkan sertifikat tersebut pada tanggal yang tertera dan pastikan PJK3 terdaftar secara resmi badan hukum.

  1. Cek Keaslian di Teman K3

Kemnaker telah menyediakan platform bernama Teman K3 yang memungkinkan pengguna untuk memeriksa keaslian sertifikat K3. Anda dapat mengunjungi situs web Teman K3 dan memasukkan nomor registrasi untuk memastikan sertifikat terdaftar dan valid. Ini adalah langkah penting untuk memastikan bahwa sertifikat yang dimiliki adalah asli dan diakui oleh pemerintah.

Baca Juga : CARA PERPANJANG SKP 

Dengan menerapkan 8 tips di atas, kita bisa membedakan sertifikat AK3U asli atau palsu. Jangan ragu untuk meminta bantuan pihak terkait jika masih meragukan keaslian sertifikat.

Sertifikasi AK3 Kemnaker RI di Mutiara Mutu Sertifikasi!

Mutiara Mutu Sertifikasi merupakan lembaga sertifikasi dan PJK3 terbaik yg bergerak di bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja, serta Sistem Manajemen. Mutiara Mutu Sertifikasi memfasilitasi proses sertifikasi AK3 sesuai standar Kemnaker RI. Telah memiliki SKP PJK3 yang masih berlaku di KEMNAKER RI pada bidang Keahlian K3 Umum, SMK3, Konstruksi Bangunan, Penanggulangan Kebakaran, Lingkungan Kerja. Memberikan garansi keaslian sertifikat KEMNAKER RI serta PJK3 tercepat di Indonesia dalam pengurusan sertifikat KEMNAKER RI.

Daftarkan diri Anda di Mutiara Mutu Sertifikasi dan dapatkan sertifikat AK3 yang asli dan tersertifikasi untuk mengembangkan karir di bidang K3 sekarang juga!