9 Perusahaan Ini Sabet Penghargaan WSO Indonesia Safety Culture Award

9 Perusahaan Ini Sabet Penghargaan WSO Indonesia Safety Culture Award

Komitmen Terapkan Budaya K3, 9 Perusahaan Ini Sabet Penghargaan WSO Indonesia Safety Culture Award

 

Budaya K3 atau safety culture merupakan hal yang sudah seharusnya dimiliki oleh tiap perusahaan. Namun sayangnya, penerapan K3 sendiri sering kali dianggap sebagai beban karena membutuhkan biaya yang besar. Tidak jarang perusahaan yang menerapkan K3 sebatas untuk formalitas belaka. Padahal, safety culture memiliki peran penting dalam keadaan emergency. Tanpa adanya penerapan manajemen K3 dalam proses kerja, maka potensi terjadinya kecelakaan dapat semakin besar.

Berdasarkan data dari World Safety Organization (WSO) Indonesia sebagaimana dikutip dari Wartaekonomi bahwa setiap tahunnya terdapat 130 ribu kasus kecelakaan kerja dengan korban meninggal mencapai 2.500 orang pertahun.

Berbicara tentang pentingnya safety culture, sebenarnya sudah seberapa matang, sih, safety culture di perusahaan-perusahaan di Indonesia?

Untuk mengungkap hal tersebut, WSO meluncurkan program Indonesia Berbudaya K3 sebagai pondasi utama untuk mencapai kinerja K3 Berkelas Dunia yang dicanangkan sejak tahun 2015. Program ini menjadi sebuah tolak ukur untuk menilai Tingkat Kematangan Budaya K3 atau Safety Culture Maturity Level di masing-masing perusahaan.

Dikutip dari Wartaekonomi, WSO Indonesia memberikan penghargaan dalam bentuk WSO Indonesia Safety Culture Award (WISCA) untuk perusahaan yang sukses menjalankan program budaya K3 tersebut. Acara ini diikuti oleh 58 perusahaan dan diselenggarakan secara virtual pada Rabu (23/2/2022).

 

Adapun, daftar penerima penghargaan dalam WSO Indonesia Safety Culture Award yaitu sebagai berikut:

Kategori Penghargaan Platinum:

  1. PT Badak LNG

Kategori Penghargaan Gold:

  1. PT Adhi Persada Beton
  2. PT Pertamina Drilling Services Indonesia
  3. PT Pamapersada Nusantara
  4. PT Elnusa TBk
  5. PT Brantas Abipraya
  6. PT Ciputra Residence

Kategori Penghargaan Silver:

  1. PT Nindya Karya Persero
  2. PT Virama Karya

Dari banyaknya perusahaan yang terdaftar sebagai penerima penghargaan di atas, PT. Badak NGL sukses menempati posisi tertinggi. Temen-temen di sini penasaran gak sih, kira-kira apa sih rahasia PT. Badak LNG hingga bisa memperoleh posisi tersebut?

Yuk kita cari tau!

PT Badak Natural Gas Liquefaction atau lebih dikenal dengan PT Badak LNG adalah perusahaan penghasil gas alam cair atau Liquid Natural Gas (LNG) terbesar di Indonesia dan salah satu kilang LNG yang terbesar di dunia.

Dalam melindungi keselamatan kerja pekerjanya, PT. Badak LNG memiliki Sistem Manajemen SHE-Q yang mencakup keselamatan (safety), kesehatan (health), lingkungan (environment), dan kualitas (quality).

Komitmen PT. Badak LNG dalam menerapkan budaya safety telah dibuktikan melalui sejumlah penghargaan baik dari lembaga nasional maupun internasional seperti memiliki akreditasi ISO 14001, Safety Award dari British Safety Council (Inggris), Dewan Keselamatan Nasional (AS) , dan Zero Accident dari pemerintah Republik Indonesia serta ISO 9001 versi 2000 untuk Sistem Manajemen Mutu.

Dalam proses kerja sehari-hari, PT. Badak LNG memiliki moto “I am Committed To Safety”. Hal ini dibuktikan dengan penerapan International Sustainability Rating System Edition 8 (ISRS8), sebuah sistem berskala internasional yang diadopsi perusahaan untuk mengukur, meningkatkan, dan menunjukkan kinerja keselamatan, kesehatan, dan lingkungan perusahaan.

 

Wah, usahanya totalitas banget ya! Pokoknya bintang 5 untuk seluruh perusahaan yang punya kesadaran tinggi akan pentingnya budaya K3!