TIPS SAFETY INDUCTION UNTUK HSE

TIPS SAFETY INDUCTION UNTUK HSE

HSE merupakan salah satu personil K3 yang wajib mensosialisasikan K3 di tempat kerja. Safety induction salah satunya dan wajib dilakukan kepada seseorang yang akan memasuki tempat kerja. Safety Induction wajib dilakukan dan hal ini tercantum di dalam Undang-undang Nomor 1 tahun 1970 pada Bab V tentang pembinaan pada pasal 9 ayat 1 dan 2 (sumber). Namun seseorang yang menyampaikan safety induction harus memahami hal-hal apa saja yang harus disampaikan agar mudah dipahami orang lain. Berikut merupakan tips safety induction untuk HSE.

 

  1. Bahasa, dalam menyampaikan safety induction gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh semua disiplin ilmu. Hal ini bertujuan agar penyampaian safety induction dapat diterima dan diimplementasikan dengan baik.

 

  1. Latihan, point di atas bisa kamu latih pada saat mengikuti pelatihan. Kamu bisa latih saat sedang sertifikasi di Mutiara Mutu Sertifikasi yang tentunya dibantu oleh para trainer yg kompeten.

 

  1. Berlaku untuk semua pihak, ya benar sekali safety induction tidak memandang jabatan. Siapapun yang akan memasuki suatu area kerja wajib mengetahui dan diberikan safety induction ya seperti karyawan baru, tamu/visitor, maupun karyawan yang baru selesai dari cuti kerja.

 

  1. Lakukan sebelum memulai aktifitas karena tujuannya adalah memberikan informasi terkait K3 untuk mencegah kecelakaan maupun penyakit akaibat kerja. Safety induction juga wajib dilakukan kepada seluruh karyawan ketika terdapat perubahan yang signifikan terkait standar keselamatan.

 

  1. Kamu wajib menjelaskan tentang semua prosedur, reward & punishment yang berlaku di tempat kerja.

 

  1. Hal terpenting lainnya yang tidak boleh terlewatkan adalah tidak lupa untuk menjelaskan area kerja yang terdapat potensi bahaya & ERP nya.

 

  1. Ahli hisap atau kebijakan merokok. Salah satu hal yang menjadi sorotan utama karena umumnya pekerja di lapang adalah laki-laki dan sebagian besar merokok maka dari itu perlu untuk diinfokan kebijakan terkait fasilitas tempat merokok dsb.

 

  1. Satu lagi jangan lupa juga untuk membuat form pendataan pekerja yang sudah diberikan induction ya.

 

Sekian tips safety induction untuk para HSE. Semoga bermanfaat!