8 tips untuk menunjang karir mu

8 tips untuk menunjang karir mu

Karir adalah suatu rangkaian atau pekerjaan yang dicapai  seseorang  dalam  kurun  waktu  tertentu  yang  berkaitan dengan  sikap, nilai, perilaku dan motivasi dalam individu. (sumber)

  1. Tentukan mimpi besarmu terlebih dahulu

Mimpi besarmu adalah apa yang ingin kamu capai dalam hidup. Tentukan suatu tujuan besar yang mencakup karir dan kehidupanmu. Jangan takut untuk bermimpi besar karena inilah yang akan menjadi motivasimu.Tujuan utamamu bisa berubah seiring waktu. Kamu tidak perlu cemas, sebab kebanyakan orang pun mengalami proses ini dalam hidup mereka. Tetaplah fokus pada apa yang kamu kejar saat ini agar hasilnya optimal.

  1. Menguraikan mimpi besar menjadi beberapa target yang lebih kecil

      Target tahunan biasanya lebih sulit dicapai karena kamu harus mengejar banyak hal dalam waktu bersamaan. Jadi, cobalah menguraikan tujuan besarmu menjadi beberapa target lebih kecil yang bisa diselesaikan dalam jangka waktu lebih singkat.

  1. Mengembangkan jaringan

    Orang-orang yang kamu kenal, terutama yang bekerja dalam bidangmu saat ini, berperan besar dalam pengembangan karirmu. Mereka dapat memberikan pengetahuan yang kamu butuhkan mengenai jalur karirmu dan tantangan yang akan kamu hadapi. Mulailah membangun networking demi pengembangan karir saat ini dengan menghadiri konferensi yang mempertemukanmu dengan banyak orang baru. Tunjukkan pula kemampuan yang kamu miliki. Semakin banyak yang menyadari potensi pada dirimu, semakin besar peluangmu untuk mendapatkan kesempatan bekerja di tempat baru.

  1. Mengevaluasi diri

     Evaluasi diri merupakan aspek yang penting dalam pengembangan karir. Selain membantumu meningkatkan skill, kamu juga akan semakin memahami keunggulan dan kekuranganmu serta peran yang kamu miliki dalam perusahaan tersebut. Feedback dari orang lain juga sama pentingnya untuk mengetahui seberapa efektif kamu dalam bekerja. Cobalah meminta masukan dari rekan kerja atau Supervisor di tempatmu bekerja. Tanyakan juga momen apa yang membuat kamu bekerja lebih efektif dari biasanya.

  1.     Meningkatkan skill

     Skill yang kamu miliki akan membuka gerbang menuju begitu banyak peluang baru. Jadi, tingkatkan skill yang telah kamu miliki saat ini dan pelajarilah skill lain yang bermanfaat untuk pengembangan karirmu. Bila perlu ikuti kegiatan pengembangan karir di luar jam kerja bila sempat. Selain meningkatkan hardskill, kamu juga perlu mengembangkan kemampuan interpersonal terhadap rekan kerja dan atasan. Jadilah seorang pendengar ramah, mudah bergaul, serta mampu berkomunikasi dengan baik dalam berbagai situasi.

  1. Carilah mentor

    Mentor adalah faktor lain yang dapat membantu pengembangan karir kamu. Pasalnya kehadiran mentor dapat membantumu menambah wawasan terkait industri atau perusahaan. Seorang mentor dapat memberikan contoh pengembangan karir yang tepat, menjelaskan tahapan pengembangan karir yang jelas, serta sudut pandang yang berbeda terhadap rencana karir yang kamu persiapkan.

  1. Membangun reputasi yang baik

     Reputasi kerjamu menunjukkan karaktermu dalam dunia profesional. Seseorang dengan reputasi yang baik memiliki karakter kooperatif, bisa diandalkan, dan mampu bekerja secara efektif dalam situasi penuh tekanan sekalipun. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membangun reputasi yang baik. Kamu bisa mengawalinya dengan menciptakan personal branding, menjaga penampilan dan pembawaan selalu profesional, menghadiri konferensi, menulis artikel, menjadi pembicara seminar, dan sebagainya.