7 TIPS BERKARIR DI INDUSTRI MANUFAKTUR

7 TIPS BERKARIR DI INDUSTRI MANUFAKTUR

Industri manufaktur merupakan industry yang mengaplikasikan mesin, peralatan dan tenaga kerja dalam suatu proses untuk mengubah bahan mentah menjadi barang yang memiliki nilai jual (sumber). Saat ini kondisi industry manufaktur di Indonesia telah mengalami perkembangan dan kemajuan yang cukup signifikan. Salah satu tantangan para pelaku industry adalah sumber daya manusia. SDM seperti apakah yang dibutuhkan untuk bekerja di industry manufaktur? Simak tipsnya disini.

 

  1. Ready to work underpressure

Dalam dunia industri manufaktur, tuntutan yang terbesar adalah bagaimana perusahaan dapat membuat produk yang lebih unggul dibandingkan dengan perusahaan kompetitor lainya. Dalam hal ini tidak jarang kamu akan bekerja di dalam kondisi penuh tekanan dan berpacu dengan waktu, selain itu kemampuanmu juga akan terus diuji.

 

  1. Adaptable in any work environment

Dalam pekerjaan sering kali kita bekerja dalam team. Ada kalanya kamu dituntut untuk menjadi seorang single fighter. Oleh sebab itu, tentu saja dibutuhkan kemampuan cepat beradaptasi untuk mendukung performamu dalam bekerja. Be tough!

 

  1. Contribute for the company

Jadilah pribadi yang kontributif, setiap orang harus berkontribusi terhadap perkembangan perusahaan. Perusahaan manufaktur membutuhkan seseorang yang mampu membuat koneksi dengan berbagai pihak selain itu banyak hal diluar bidang yang akan dihadapi.

 

  1. Self management

Selain kekuatan fisik yang diperlukan kamu juga akan dituntut untuk mempersiapkan mental. Dalam hal ini manajemen diri sangat diperlukan. Kemampuan kamu dalam me-manage diri dengan baik akan mencerminkan kemampuanmu untuk me-manage orang lain dalam skala yang lebih besar lagi.

 

  1. Open minded

Dalam dunia kerja kamu akan bertemu banyak rekan dari latar belakang yang berbeda. Kamu  akan berhubungan dengan banyak orang ketika bekerja di industri manufaktur. Seseorang yang open minded-lah yang dibutuhkan oleh perusahaan.

 

  1. High motivated

Kamu bisa menjadi aset bagi perusahaan manufaktur selama memiliki motivasi tinggi dan mau belajar serta menghargai hal-hal baru.

 

  1. Fast Learner

Dalam dunia manufaktur terkadang banyak hal-hal baru yang menjadi tugas dan tanggung jawabmu namun diluar bidang pendidikan yang kamu miliki. Sikap mau belajar akan hal baru menjadi hal yang penting. Oleh sebab itu kamu harus mampu cepat belajar hal-hal baru yang nantinya akan memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan.