Sertifikasi K3 Migas : Kamu Bisa Mendapatkan Lisensinya Di Mutiara Mutu Sertifikasi

Sertifikasi K3 Migas : Kamu Bisa Mendapatkan Lisensinya Di Mutiara Mutu Sertifikasi

Sertifikasi K3 Migas – Migas merupakan singkatan dari minyak dan gas yang merupakan hasil dari bumi pada sektor pertambangan. Karena melibatkan banyak tenaga kerja khususnya manusia maka sektor industry migas ini tidak luput dari peraturan Menteri Ketenagakerjaan terkait Kesehatan dan keselamatan kerja. Sektor migas bisa disebut sektor yang berisiko tinggi karena berkaitan dengan salah satu zat atau gas yang masuk kedalam kategori mudah terbakar.

Beberapa waktu lalu, publik Indonesia dikejutkan dengan terbakarnya salah satu tangki kilang minyak milik pertamina di Balongan, Indramayu, Jawa Barat. Kejadian ini menjadi sorotan karena mengeluarkan api yang begitu besar dengan durasi yang cukup lama serta terjadi pada kilang minyak milik BUMN yaitu Pertamina.

Perusahaan setingkat BUMN saja masih rentan dengan kejadian yang membahayakan K3 para karyawan yang berada disana. Untuk menjadi ahli K3 migas yang bertanggung jawab pada penerapan K3 di perusahaan Migas, kamu bisa mendapatkan sertifikasi K3 migas di Mutiara Mutu Sertifikasi yang berlisensi BNSP.

Penerapan K3 di kegiatan Migas berkaitan erat dengan kegiatan operasional yang berisiko tinggi terhadap timbulnya insiden, karena proses dan produk Migas yang berbahaya bagi pekerja dan kemudahannya untuk terbakar/meledak.

Ciri operasional berisiko tinggi terhadap aspek K3 tersebut menuntut perilaku entitas bisnis Migas untuk menerapkan pengelolaan (manajemen) K3 berdasarkan pendekatan “proses” disebut manajemen keselamatan proses atau Process Safety Management, yang oleh American Petroleum Institute diaali dengan menetapkan standar manajemen K3 yang disebut API RP 750 : Management of Process Hazards.

Oleh sebab itu penanganan K3 di kegiatan bisnis Migas dari sisi pandang sumberdaya manusia selaku pelaku atau praktisi operasional membutuhkan pengawas-pengawas atau officer yang kompeten dalam manajemen K3 Migas.

Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) – RI telah menetapkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) untuk sektor industri Migas dan Panas Bumi , sub sektor bidang K3, sehingga diharapkan setiap entitas bisnis Migas yang memiliki tenaga kerja yang kompeten dibidang K3 mampu menerapkan manajemen K3 Migas sebagai bagian terpadu dalam setiap kegiatan operasional atau “proses” Migas dan Panas Bumi.

Sertifikasi K3 migas ini dilakukan secara online selama masa pandemi, tapi kamu tidak perlu khawatir karena Mutiara Mutu Sertifikasi adalah pioneer sertifikasi K3 online di Indonesia. Untuk mendapatkannya kamu bisa langsung menuju ke laman jadwal training dan silakan memilih sertifikasi yang kamu inginkan ( atau bisa langsung klik diisini).