Pentingnya Audit Internal Untuk Keberlangsungan Perusahaan

Pentingnya Audit Internal Untuk Keberlangsungan Perusahaan

Bertahan di dunia bisnis tentu tidak mudah. Ada banyak hambatan yang mungkin terjadi hingga membatasi kemampuan perusahaan untuk terus berkembang. Salah satunya adalah praktik kecurangan (fraud) yang sangat mungkin terjadi setiap saat. Di sini lah pentingnya audit internal berperan untuk mengatasinya demi keberlangsungan perusahaan.

Kesalahpahaman konsep Audit Internal

Saat mendengar kata “audit”, banyak orang umumnya akan langsung membayangkan audit keuangan yang bertugas melakukan pemeriksaan objektif terhadap sebuah laporan keuangan suatu lembaga atau perusahaan.

Tapi, tahukah kamu kalau proses audit tidak melulu berhubungan dengan topik keuangan saja? Ada topik lain yang juga perlu melalui proses audit, salah satunya adalah audit sistem manajemen.

Berdasarkan ISO19011:2018, audit diartikan sebagai suatu proses sistematis, independen, dan terdokumentasi untuk memperoleh bukti objektif dan mengevaluasi bukti tersebut guna menentukan sejauh mana kriteria audit terpenuhi.

ISO 19011 inilah yang menjadi standar pedoman internasional untuk membantu perusahaan melaksanakan audit. Standar ini dirancang untuk memberi saran kepada perusahaan tentang cara mempersiapkan program audit untuk mengaudit sistem manajemen mereka, seperti sistem manajemen lingkungan, sistem manajemen mutu, dan sistem manajemen risiko.

Mengapa Audit Internal Penting Untuk Perusahaan?

Dikutip dari dosenekonomi.comaudit internal adalah salah satu upaya untuk meraih tujuan perusahaan melalui fungsi controlling yang dapat membantu kelancaran manajemen perusahaan.

Audit internal dapat mewujudkan good corporate governance dengan meningkatkan transparency (keterbukaan informasi), accountability (akuntabilitas), responsibility (pertanggungjawaban), independency (kemandirian), serta fairness (kesetaraan dan kewajaran) dalam kegiatan bisnis perusahaan.

Melalui evaluasi internal terhadap tindakan, sistem, dan proses yang berjalan, audit internal juga dapat menciptakan kontrol internal yang kuat di perusahaan. Tidak hanya itu, dengan adanya identifikasi risiko dan rekomendasi yang dapat ditemukan dalam audit internal, perusahaan dapat mengatasi ancaman yang ada.

Audit internal juga akan membantu perusahaan untuk memeriksa dan mengontrol apakah peraturan dan standar industri sudah dipatuhi atau belum. Apabila ditemukan ketidaksesuaian, auditor dapat merekomendasikan cara mengatasi masalah tersebut kepada perusahaan.

Nah, itu dia pentingnya audit internal bagi perusahaan. Tertarik mempelajari lebih dalam soal audit internal? Ikuti pelatihan ISO Series di Mutiara Mutu Sertifikasi aja! KLIK DISINI untuk melihat daftar pelatihan kami.