Pelatihan K3 Umum Untuk Menunjang Karir Pada Bidang K3

Pelatihan K3 Umum Untuk Menunjang Karir Pada Bidang K3

Pelatihan K3 Umum – Pelatihan K3 Umum -Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membuat dunia industri berlomba – lomba melakukan efisiensi dan meningkatkan produktivitas dengan menggunakan alat-alat produksi yang semakin komplek. Makin kompleknya peralatan yang di gunakan, makin besar pula potensi bahaya yang mungkin terjadi dan makin besar pula kecelkaan kerja yang di timbulkan apabila tidak di lakukan penanganan dan pengendalian sebaik mungkin.

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di dalam perusahaan merupakan suatu hal yang sangat penting,setiap perusahaan wajib mengetahui bahkan menerapkan K3 di dalam perusahaannya,supaya setiap pekerja maupun lingkungan merasa aman dan nyaman untuk di lakukan aktifitas bekerja. Oleh karena itu salah satu pengelolaan K3 di tempat kerja yang baik adalah dengan menunjuk personil yang melakukan pengawasan terhadap ditaatinya peraturan perundang-undangan K3 yang sering disebut sebagai Ahli K3 Umum. Title ini atau profesi ini tidak bisa diberikan kepada orang yang tidak berkompetensi karena resikonya besar, profesi ini diberikan bagi mereka yang lulus dari pelatihan k3 umum dengan lisensi langsung dari KEMNAKER RI

Pelatihan k3 umum ini adalah program Kemnaker untuk mempersiapkan ahli K3 di perusahaan yang dapat membantu mengembangkan K3 di perusahaan. Pembinaan Ahli K3 Umum merupakan bentuk seleksi atau penilaian khusus bagi seseorang atau tenaga teknis tertentu yang pernah mengikuti kursus petugas K3 (safety officer) atau kursus instruktur K3 yang berminat menjadi ahli K3 sebagaimana di maksud dalam UU 1 tahun 1970 dan peraturan pelaksananya.

Dengan adanya petunjuk teknis pembinaan calon ahli keselamatandan kesehatan kerja umum ditujukan meningkatkan kemampuan dan pengetahuan tentang keselamatan dan kesehatan kerja dalam rangka megendalikan resiko di tempat kerja. Output penting dari program ini adalah dimana Peserta memiliki kompetensi dan keahlian di bidang K3 Umum dan seluruh peraturan perundang-undangan mengenai K3 Umum, audit, analisa dan penanganan yang berkaitan dengan K3 Umum. Lebih detail manfaat mengikuti pelatihan ini adalah:

  • Mengetahui tentang Perundang-undangan K3
  • Mengetahui tentang UU Nomor 1 Tahun 1970
  • Mengetahui Konsep Dasar K3
  • Mengetahui P2K3
  • Mengetahui K3 Listrik
  • Mengetahui K3 Bejana Tekan
  • Mengetahui K3 Pesawat Uap
  • Mengetahui K3 Mekanik