Pelatihan ISO : Pelatihan Yang Menjadi Modal Di Dunia Kerja

Pelatihan ISO : Pelatihan Yang Menjadi Modal Di Dunia Kerja

Pelatihan ISO – InternationalOrganization for Standardization, atau lebih dikenal sebagai ISO, adalah salah satu standar internasional dalam sebuah sistem manajemen untuk pengukuran mutu organisasi. Memegang peranan penting dalam mengukur bagaimana kredibilitas perusahaan yang ingin bersaing secara global dan juga untuk meningkatkan sistem manajemen mutunya.

ISO memberikan spesifikasi kelas dunia untuk berbagai hal, mulai dari produk, layanan, dan sistem, hingga memastikan kualitas, keamanan dan efisiensi. Agar mendapatkan banyak keuntungan hingga perusahaan dapat bersaing secara global dan membuat konsumen lebih percaya juga meningkatkan keuntungan pada perusahaan salah satunya dengan cara mengikuti Pelatihan ISO.

ISO ini memiliki beberapa macam jenis dan kegunaannya sesuai dengan lingkupnya. Secara umum ada 8 jenis standar ISO yang dikeluarkan oleh Organisasi Internasional ini. Mutiara Mutu sertifikasi telah membuka beberapa jenis Pelatihan ISO untuk menunjang perusahaan agar dapat bersaing secara global, diantaranya adalah :

  1. ISO 9001 (Sistem Manajemen Mutu) : merupakan sistem manajemen kualitas yang paling banyak digunakan, di mana karakteristiknya adalah pendekatan proses yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas manajemen kualitas.
  2. ISO 14001 (Sistem Manajemen Lingkungan) : merupakan standar yang terkait dengan sistem manajemen lingkungan. Sejumlah aspek yang harus dipenuhi dalam standar ini adalah pengelolaan limbah, penghematan energi, penghematan air, dan penghematan bahan bakar.
  3. ISO 45001 (sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja) : merupakan standar yang  menyediakan kerangka kerja yang kuat dan efektif untuk mengurangi risiko di tempat kerja dan menciptakan tempat kerja yang aman dan sehat untuk pekerja, kontraktor, pemasok, pengunjung, dan tamu, yang memungkinkan sebuah organisasi untuk proaktif meningkatkan kinerja SMK3-nya.
  4. ISO 22000 (Sistem Manajemen pangan) : merupakan standar yang terkait dengan sistem manajemen keamanan pangan. Standar ini ditujukan untuk perusahaan di sektor makanan dan minuman, yang diharuskan untuk melakukan kontrol internal, dan setiap produk harus memiliki proses dan rencana kontrol.

Pelatihan ISO bermanfaat bagi banyak pihak mulai dari praktisi atau akademisi juga bagi mahasiswa yang sedang memasuki tahapan pengembangan diri dan mempersiapkan diri di Dunia kerja karena ada beberapa lowongan pekerjaan yang terkait dengan ISO memberikan syarat kepemilikan sertifikat ISO yang menjadi tolak ukur penilaian dalam proses rekrutmen. So tunggu apalagi, daftarkan dirimu sekarang, SEAT TERBATAS !!.