Manfaat Memiliki Sertifikat Ahli K3 Kemnaker Maupun BNSP

Manfaat Memiliki Sertifikat Ahli K3 Kemnaker Maupun BNSP

Manfaat Memiliki Sertifikat Ahli K3 – Pada zaman Globalisasi ini, persaingan di dunia kerja semakin hari semakin meningkat dan banyak kompetisi dari bermacam-macam bidang bisnis. Untuk dapat bersaing dalam bisnis serta meraih kondisi yang unggul, setiap individu dituntut harus mampu memperoleh keterampilan dan keahlian yang terbukti dan diakui secara hukum.

Apabila setiap individu dapat mempelajari sebagian besar keterampilan dan keahlian di bidang profesi yang ditekuninya, serta adanya pengakuan yang sah menurut hukum bahwa benar orang itu profesional, maka orang tersebut berkesempatan menemukan karier yang lebih mudah. Bahkan dapat digunakan untuk menunjang kenaikan posisi di dalam suatu perusahaan dimana individu tersebut bekerja.

Untuk mewujudkan rencana tersebut, negara menyelenggarakan dan juga mendirikan lembaga sertifikasi diantaranya Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi), dan Kemnaker RI yang berperan melakukan program sertifikasi profesi. Sertifikasi ini nantinya dapat berperan menjadi acuan dan data valid bahwa yang bersankutan memang berkompeten di bidang profesinya, untuk sertifikasi profesi yang didapat pun terakreditasi menurut hukum dan diakui oleh negara. Salah satu contoh sertifikasi profesi yang dikeluarkan oleh BNSP maupun Kemnaker RI yaitu sertifikat Ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

Sertifikat Ahli K3 yang diperoleh dengan cara mengikuti pelatihan yang diadakan oleh BNSP maupun Kemnaker RI memiliki beberapa manfaat. Berikut manfaat memiliki sertifikat Ahli K3:

Menambah Rasa Percaya Diri

Untuk yang baru terjun di dunia Industri, manfaat memiliki sertifikat ahli K3 dapat menambah rasa percaya diri Anda dalam mencari pekerjaan. Karena Anda telah tersertifikasi, yang artinya sudah teruji memiliki pengetahuan yang telah diakui oleh asesor professional. Hal ini akan menjadikan suatu kelebihan bagi pihak perusahaan untuk memiliki Ahli K3, meskipun Anda lulusan baru yang belum punya pengalaman.

Mengetahui Tingkatan Kemampuan Dan Keahlian Yang Dimiliki

Sertifikasi ahli K3 menyatakan soal keterampilan seseorang di bidang profesi yang tekuninya. Hasil yang diperoleh bisa menyadarkan Anda bahwa keahlian yang didapatkan masih kurang atau telah sesuai standar. Bila belum kompeten, berarti Anda masih belum kompeten jadi Anda harus meningkatkan kemampuan lagi.

Memperluas Peluang Untuk Mengembangkan Diri

Salah satu cara untuk mendorong peningkatan profesi di dunia bisnis yakni dengan mendapatkan sertifikat ahli K3. Manfaat memiliki sertifikat ahli K3, Anda akan memperoleh lebih banyak kesempatan untuk mengembangkan karier di suatu perusahaan karena keterampilan Anda dilihat lebih baik di bandingkan yang lainnya.

Memudahkan Pihak Perusahaan Dalam Merekrut Tenaga Kerja Yang Lebih Ahli

Program sertifikasi ahli K3 BNSP dan Kemnaker RI pastinya juga memiliki manfaat kepada perusahaan, yakni untuk mempermudah perusahaan dalam proses penyeleksian tenaga kerja baru. Pihak perusahaan akan lebih memilih tenaga kerja yang telah memperoleh sertifikat ahli K3, karena dinilai lebih mengetahui dan memahami pekerjaan yang akan diberikan kepada tenaga kerja tersebut.

Dengan adanya sertifikat ahli K3 menunjukkan bahwa keahlian yang didapatkan di atas rata-rata, dan telah terbukti secara Nasional. Keterampilan dan keahliannya hanya perlu diasah seperlunya menyesuaikan dengan tugas yang di berikan perusahaan.

Menambah produktivitas kerja

Sertifikasi profesi ahli K3 adalah bukti bahwa kecakapan dan keahlian Anda sudah diakui oleh Negara serta Anda berkompeten dalam bidang profesi yang Anda tekuni. Training sertifikasi ahli K3 berfungsi meningkatkan dan mempersiapkan keahlian dan kemampuan calon peserta agar dapat lulus dalam uji kompetensi dan bisa mengerjakan tugasnya dengan baik. Bagi pihak perusahaan, karyawan yang berhasil lulus uji kompetensi sertifikasi K3 memiliki produktivitas kerja yang lebih unggul. Dirinya dinilai lebih cekatan dalam mengerjakan tugasnya secara tepat dan lebih kecil melakukan kesalahan dalam menjalankan pekerjaan.