Keamanan Pangan : Cara Mudah Meningkatkan Kompetisi Di Pasar Global

Keamanan Pangan : Cara Mudah Meningkatkan Kompetisi Di Pasar Global

Keamanan Pangan – Bisnis makanan memang selalu menjanjikan karena 7,6 Miliar penduduk bumi membutuhkan makanan setiap hari nya. Kebutuhan inilah yang menjadi kue rebutan para pebisnis makanan di Dunia, entah itu makanan cepat saji, makanan ringan atau makanan berpengawet yang tahan lama. Jika mungkin dalam kancah mikro, persaingan dunia bisnis hanya sebatas cita rasa yang enak, bentuk yang menarik dan elegan makan dalam kancah global ada penambahan variabel untuk meningkatkan kompetisi yaitu Keamanan Pangan.

Mengapa food safety menjadi salah satu variabel nya ? semakin kesini teknologi semakin meningkat, kita sepaham untuk hal ini sehingga hampir seluruh proses produksi menggunakan teknologi. Dalam sebuah proses produksi pangan yang menggunakan cara manual atau teknologi semuanya rentan akan masuknya elemen berbahaya dalam makanan yang nanti dikonsumsi oleh konsumen.

 

Jika hal tersebut terjadi maka itu adalah murni kesalahan dan kelalaian proses produksi yang bisa mencelakakan konsumen seperti keracunan, jatuh sakit bahkan meninggal dunia. Resiko ini dihindari oleh para pebisnis pangan karena konsumen akan menjauhi suatu produk pangan yang terbukti tidak aman sehingga image dan penjualan produk tersebut turun yang mengakibatkan turun pula persaingannya di pasaran.

Keamanan Pangan adalah kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan tiga cemaran, yaitu cemaran biologis, kimia, dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan, dan membahayakan kesehatan manusia serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat sehingga aman untuk dikonsumsi. Pangan olahan yang diproduksi harus sesuai dengan cara pembuatan pangan olahan yang baik untuk menjamin mutu dan keamanannya. Selain itu pangan harus layak dikonsumsi yaitu tidak busuk, tidak menjijikkan, dan bermutu baik, serta bebas dari  Cemaran Biologi, Kimia dan Cemaran Fisik (sumber).

Di Indonesia sendiri, industri makanan merupakan industri yang memiliki pengaruh besar terhadap perekonomian mulai dari penyerapan  17 juta tenaga kerja, 30 Milliar Dolar ekspor ke luar negeri hingga penyerapan investasi sejumlah 222 trilliun rupiah. Kinerja ini pastinya tak luput dari usaha memberikan kemanan pangan yang terbaik kepada para konsumen yang ada sehingga menimbulkan trust dan berujung pada hal hal diatas.

Menjadi bagian dari sektor Industri pangan yang memberikan keamanan pada masing masing orang yang mengkonsumsinya adalah impian banyak orang, jika kamu berminat maka yang perlu kamu lakukan adalah memahami dan mempelajari secara detail issue food safety di Mutiara Mutu Sertifikasi lalu temukan pekerjaan yang tepat dan kamu sudah mencapai impian, so tunggu apalagi ? buruan ikut kelas nya dan buruan bantu banyak orang untuk menikmati makanan yang baik dan aman.