Aset Yang Harus Dimiliki Saat Berusia 20 Tahun

Aset Yang Harus Dimiliki Saat Berusia 20 Tahun

Menjadi sukses itu butuh proses dan bisa mempersiapkannya sejak dini, mulai umur 20 tahun. Semakin awal kamu mempersiapkan diri, kamu akan semakin tangguh menghadapi berbagai macam situasi. Umur 20an adalah awal yang bagus untuk mencoba banyak hal. Pada usia ini, umumnya seseorang belum memiliki tanggungan keluarga. Ini adalah kesempatan bagus untuk mencobanya.

Tidak perlu takut gagal, menjalankan apapun yang menurutmu baik dan benar dengan sendiri adalah cara belajar yang cukup efektif untuk membangun sesuatu dari 0 dan mengelolanya. Meskipun kamu nantinya gagal, pasti ada pembelajaran berharga yang bisa kamu ambil dan bisa diterapkan di pekerjaanmu kelak.

Kita sepakat bahwa  sukses bukan sekedar tentang uang. Uang bisa mengikuti jika kita bisa mengambil sikap dengan benar. Pondasi ini harus mulai kamu bangan di awal 20an dan jangan sia-siakan fisikmu yang masih muda, optimalkan setiap waktu yang ada untuk upgrade diri.

 

Pertanyaannya adalah, asset apa yang harus kita miliki saat kita berumur 20 tahun ini ? Jawaban yang paling tepat adalah asset Pendidikan dan juga tabungan. Pendidikan juga merupakan asset penting lho. Bagi kamu yang masih berusia 20-an tahun, investasi pendidikan adalah investasi yang bisa melepaskan kamu dari kemiskinan. Dengan pendidikan, kamu pun bisa jadi apapun yang kamu inginkan asal bidang pendidikan yang kamu pilih ditekuni dengan sungguh-sungguh.

Aset Pendidikan bisa berupa pebelajaran yang kamu temukan di bangku sekolah atau kulilah juga pembelajaran yang kamu dapatkan diluar bangku sekolah atau kuliah. Kamu bisa mengembangkan kemampuan diri dengan mengikuti pelatihan dan training yang bisa mengembangkan karir dan kesempatan kerja.

Jika kamu suka dengan kuliner, kamu bisa mengikuti pelatihan kelas memasak. Jika kamu suka hal hal yang berbau digital kamu bisa mengikuti dan belajar aneka ragam jenis digital yang mungkin berpeluang besar di masa depan. Sepuluh tahun yang lalu tidak banyak orang yang mau belajar digital marketing dan lain sebagainya, hingga akhirnya perubahan life style kita yang serba internet membuat digital marketing menjadi alat marketing yang paling bagus saat ini.

Bisa dibayangkan jika sepuluh tahun lalu ada orang yang mau belajar dan menekuni digital marketing, kira kira apa yang sedang ia dapatkan sekarang ? karir di start up ? atau mendirikan perusahaan start up nya sendiri. Dalam jangka panjang, imbal hasil yang diberikan pendidikan jauh lebih menguntungkan dibandingkan produk investasi dan keuangan.

Akan tetapi, alangkah lebih baiknya jika kamu menguasai dan memiliki kedua asset tersebut, asset Pendidikan dan asset tabungan. Sikap menabung adalah sikap yang bagus karena dengan menabung kita belajar untuk memikirkan masa depan dengan menunda sedikit kesenangan dimasa sekarang untuk nanti dinikmati dimasa depan.

Untuk kamu yang berusia 20 tahun, kamu bisa kok memulai belajar menabung. Saat ini sudah banyak alternatif cara menabung atau investasi yang sangat friendly untuk anak muda. Ada tabungan berjangka, membeli emas atau juga yang saat ini sedang naik daun, main saham.

Semua nya bisa dilakukan dengan memahami betul betul kondisi, situasi dan resiko masing masing asset investasi dan keuangan, jangan takut untuk mencoba selagi muda. Informasi terkait itu semua bisa didapatkan dengan mudah sekarang.  So tunggu apalagi ? segera siapkan diri untuk dua jenis asset yang harus dimiliki anak muda berusia 20 tahun seperti kamu.