Ahli K3 Umum : Salah Satu Karir Yang Berpotensi Besar Di Indonesia

Ahli K3 Umum : Salah Satu Karir Yang Berpotensi Besar Di Indonesia

Ahli K3 Umum – Dalam Dunia Kerja, banyak hal yang menunjang agar seseorang dapat memperoleh pekerjaan yang dikehendakinya. Selain skill dan pengalaman ada juga relasi yang pasti akan memudahkan anda dalam memperoleh pekerjaan, pengalaman akan mempermudah pekerjaan kita sedangkan relasi akan mempermudah proses rekrutmen yang kita ikuti.

Berbicara tentang perusahaan, skill dan relasi maka kita berbicara tentang peraturan yang mewajibkan detiap Perusahaan harus memiliki pekerja yang bertanggungjawab pada keselamatan dan kesehatan kerja yang mewakili Perusahaan dalam setiap kegiatan pekerjaannya. Karena itu perlukan pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan untuk bidang K3 untuk menjadi seorang Safety Officer di tempat kerjanya. Sesuai dengan UU Nomor 1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja.

Tetapi sudah tahukah anda, selain relasi, penunjang yang sangat ampuh untuk anda dalam memperoleh pekerjaan yaitu sertifikat. Bukan hanya sertifikat prestasi, tetapi juga sertifikat pelatihan dan kemampuan. Beberapa sertifikat kemampuan yang dapat membantu anda mendapatkan pekerjaan, salah satunya adalah sertifikat Pelatihan Calon Ahli K3 Umum Sertifikasi Kemenaker.

Mungkin kita Seringkali membaca himbauan ‘Utamakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja’ saat kita mendatangi lokasi-lokasi pembangunan proyek. Nah Sebenarnya apa sih maksud himbauan tersebut?

Keselamatan dan Kesehatan Kerja atau yang sering disingkat K3 adalah himbauan keamanan dalam bekerja agar terhindar dari kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Sebenarnya himbauan ini merupakan salah satu hal penting yang wajib diterapkan oleh semua perusahaan. Hal ini juga tertuang dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan No. 13 Tahun 2003 pasal 87. Oleh karena itu, Bagian Keselamatan dan Kesehatan Kerja adalah bagian penting dalam sebuah perusahaan.

Seseorang yang bekerja di Bagian K3 atau yang kita kenal sebagai ahli K3 umum bertugas menjamin dan melindungi keselamatan serta kesehatan tenaga kerja melalui berbagai upaya keamanan pekerja. Beberapa hal yang mungkin bisa dilakukan adalah pencegahan kecelakaan seperti kebakaran, cedera ataupun hal-hal lain yang mungkin bisa membahayakan.

Ahli K3 umum juga  bertanggung jawab memberikan pencegahan, arahan dan pertolongan jika terjadi hal yang terjadi pada karyawan. Selain itu, Bagian K3 juga bisa memberikan alat perlindungan diri bagi pegawai saat melakukan pekerjaan. Seseorang yang bekerja di Bagian K3 harus mendalami ilmu khusus K3 yang sudah tersedia di beberapa universitas atau mengikuti program sertifikasi K3 dari Kemnaker RI.

Karir pada bidang K3 terbilang punya potensi yang besar mengingat Indonesia merupakan negara berkembang yang terus melakukan perbaikan infratruktur pada setiap daerah dan hal tersebut pasti membutuhkan banyak tenaga ahli pada bidang keselamatan kerja ditambah isu Ibu kota baru Republik Indonesia di Kalimantan timur pasti akan menyerap tenaga K3 yang banyak sekira kiranya 1 sampai 2 dekade kedepan. Yuk ikuti pelatihan untuk menjadi Ahli K3 dengan medapatkan lisensi dan sertifikasi dari KEMNAKER RI disini ( Klik disini yaa)