5 Sumber Belajar K3 Migas Gratis

5 Sumber Belajar K3 Migas Gratis

Dilansir dari usnews.com, migas adalah salah satu sub-industri energi dengan bayaran tertinggi. Pekerja di bidang migas, terutama posisi yang membutuhkan keterampilan khusus, mendapatkan gaji dan tunjangan yang besar. Akan tetapi, industri migas juga terkenal akan lingkungan kerjanya yang penuh risiko. Proses produksi di industri ini banyak melibatkan penggunaan alat berat, bahan kimia berbahaya, dan kondisi cuaca ekstrem. Jika tidak menerapkan safety, pekerja sangat berisiko terpapar zat beracun atau bahkan mengalami kecelakaan di lokasi kerja.

Oleh karena itu, skill dan budaya K3 sangat diutamakan di sektor migas. Untuk memastikan penerapan budaya K3 berjalan dengan baik, perusahaan migas membutuhkan Pengawas K3 Migas. Tentunya, pekerja tersebut harus memenuhi kualifikasi perusahaan secara kompetensi, pendidikan, kesehatan, dan culture fit. Bagaimana kompetensi seorang Pengawas K3 Migas dapat dibuktikan? Jawabannya melalui Sertifikat Pengawas K3 Migas yang ia miliki.

Artikel Terkait: Peran K3 Migas dalam Menekan Risiko Kecelakaan Kerja di Industri Migas

Kompleksnya dunia migas seringkali membuat para peminat kerja di industri migas bingung harus meningkatkan kemampuannya dari mana. Pembinaan Pengawas K3 Migas Sertifikasi BNSP adalah salah satu cara untuk memeroleh skill yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam penerapan K3 migas yang kompleks. Pembinaan ini tersedia dan dapat diikuti di Mutiara Mutu Sertifikasi (MMS), lho. Lewat pembinaan ini, kamu akan belajar mengenai pengawasan K3 di perusahaan migas secara lebih dalam. Oleh karena itu, untuk pemula/freshgraduate di bidang K3 dapat mulai belajar mengenai dasar-dasar migas dan K3 terlebih dahulu sebelum mengikuti pembinaan yang pastinya GRATIS.

Nah, untuk kamu yang mau tahu mengenai dasar industri migas dan peran safety di dalamnya, ada beberapa pilihan untuk belajar. Simak 5 sumber belajar K3 migas gratis di bawah ini ya!

 

  1. Youtube Channel Halo Migas Ditjen Migas

Sumber belajar K3 migas gratis yang pertama adalah channel Youtube Layanan Informasi Kegiatan Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Ditjen Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM). Di dalamnya, banyak topik seputar keselamatan migas seperti Budaya Keselamatan Migas (Behavior Based Safety), penggunaan jargas (jaringan gas), process safety, perayaan  Bulan K3 Nasional, penghargaan keselamatan migas. Channel ini juga membahas topik di luar migas seperti ergonomi perkantoran, keselamatan mudik, protokol kesehatan selama era pandemi COVID-19. Buat kamu yang ingin tahu seputar Ditjen Migas, channel ini juga memiliki playlist Profil Direktorat.

 

  1. Youtube Channel The International Association of Oil & Gas Producers (IOGP)

Bergeser sedikit ke forum internasional, kamu juga bisa belajar mengenai keselamatan migas melalui channel Youtube The IOGP. Pada channel ini, kamu bisa mendapatkan ide materi untuk safety meeting yang berhubungan dengan process safety. Seperti yang kita ketahui, keselamatan migas punya perbedaan dari sistem keselamatan pada industri lainnya, yang terletak pada process safety. The IOGP juga membuatkan playlist mengenai topik keselamatan lainnya, seperti penyakit akibat kerja (fatigue), kasus di dunia migas, sustainability dan transisi energi, dan masih banyak lainnya. Untuk perempuan yang ingin berkarier di dunia migas, channel ini juga memberikan inspirasi lewat video wawancara para pekerja wanita yang berkontribusi untuk transisi energi, nih.

 

  1. Platform Online Learning Coursera

Coursera adalah platform pembelajaran online yang telah bermitra dengan 275 lebih universitas dan perusahaan terkemuka. Platform ini telah digunakan oleh banyak orang yang ingin belajar tentang suatu bidang secara spesifik melalui kursus online, hands-on projects, atau bahkan melalui degree program dari universitas di berbagai belahan dunia. Ada beberapa free online course dengan topik migas yang bisa kamu ikuti. Di antaranya:

  •  Energy, Environment, and Everyday Life dari University of Illinois.
  • Natural Gas dari University at Buffalo.
  • The Sustainability Imperative dari University of Colorado Boulder.
  • Planet Earth...and You!.
  • 21st Century Energy Transition: how do we make it work? dari University of Alberta.
  • Oil & Gas Industry Operations and Markets dari Duke University.

 

Melalui kursus tersebut, kamu dapat belajar mengenai dasar-dasar migas, eksplorasi, produksi, pemrosesan serta distribusi hasil migas, kecelakaan di industri migas, safety dan customer service, hingga transisi energi dan energi terbarukan.

Selain itu, terdapat pula kursus gratis yang juga masih berhubungan dengan K3, seperti:

  •  Compliance and Risk Management dari HRCI.
  • Environmental Health: the Foundation of Global Public Health dari University of Michigan.
  • High Level Biocontainment for Healthcare Facilities dari University of Nebraska System, dan masih banyak lainnya.

 

  1. Portal Berita Online Dunia Energi

Dunia Energi adalah portal berita online yang menghadirkan informasi terkini seputar dunia energi dan sumber daya mineral. Mengingat industri migas berubah dengan cepat, maka peminat karier di bidang ini perlu terus meng-update wawasan dan pengetahuannya melalui berita-berita seputar migas. Selain migas, Dunia Energi juga memiliki halaman khusus yang membahas mengenai minerba. Bermanfaat sekali, kan, untuk peminat dunia energi?

Selain konsisten terus menginformasikan berita secara gratis, Dunia Energi juga memiliki media berbayar seperti majalah DEMagz, dan jurnal Dunia Energi Investment Guide. Dunia Energi juga membantu pengelolaan media internal perusahaan besar lainnya seperti contohnya Majalan Energia dari Pertamina yang gratis dan dapat diakses oleh publik.

 

  1. Youtube Channel Mutiara Mutu Sertifikasi

Mutiara Mutu Sertifikasi memiliki program pelatihan K3 gratis Future Leaders Programme (FLP) yang diadakan secara rutin melalui Youtube Live. Di antara topik K3 yang pernah diangkat adalah migas, konstruksi, tambang, kesehatan lingkungan dan higienitas industri, dan masih banyak topik lainnya. Peserta pelatihan ataupun subscriber channel Youtube MMS dapat kembali menonton video pelatihan melalui menu Live. MMS sendiri sudah pernah melaksanakan pelatihan gratis dengan topik K3 migas sebanyak 3 kali, di antaranya:

  • Oil and Gas Training Series
  • Basic of Safety in Oil and Gas Industry
  • Knowing Safety and Health Program in Oil and Gas Industry

MMS konsisten menyelenggarakan pelatihan K3 gratis (FLP) agar masyarakat aware akan pentingnya budaya K3 sekaligus dapat belajar terkait penerapannya. Ini merupakan bentuk komitmen MMS sebagai PJK3 untuk membantu upaya Kemnaker RI dalam meningkatkan budaya K3 di seluruh lapisan masyarakat.

Baca Juga: MMS Latih Skill di Bidang Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Melalui pelatihan K3 migas gratis di MMS, peserta bisa belajar dari dasar mengenai pengenalan industri migas, bahaya dan risiko industri migas, pelaporan K3 industri migas. Peserta juga diberikan kesempatan untuk melakukan tanya jawab kepada pemateri yang merupakan ahli yang sepak terjangnya yang sudah terbukti di industri tersebut. Pembelajaran juga diberikan  materi melalui video animasi interaktif, dan contoh-contoh nyata di industri migas. Oleh karena itu, siapapun dapat mengikuti pelatihan ini. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pelatihan K3 gratis di MMS diselenggarakan secara rutin dengan topik K3 yang berbeda-beda (klik di sini untuk jadwal pelatihan K3 gratis FLP tahun 2024). Jadi, kamu dapat mengikuti pelatihan berulang kali secara gratis. Kamu juga bisa, lho, melakukan subscribe pada channel Youtube MMS untuk menonton siaran ulang ataupun video lainnya, seperti:

  • Safe Point yang berisi wawanacara peserta MMS.
  • Materi pelatihan bonus MMS, termasuk ISO Series, HSE Plan, CSMS, Permit to Work, LOTO, dll.
  • Safety Talk yang membahas dunia karier dan HSE.
  • MMSVlog tentang keseharian tim training MMS.
  • Games yang berisi dokumentasi challenge yang pernah dilakukan peserta pelatihan maupun tim MMS.

Jangan lupa untuk menyalakan tombol notifikasi agar kamu bisa langsung mendapatkan informasi ketika ada video terbaru yang diunggah oleh MMS.


Nah, sekarang sudah tidak ada alasan kan kalau memahami K3 atau safety di dunia migas selalu sulit atau berbayar? Pastikan untuk coba sumber belajar K3 migas gratis di atas yaa. Kalau sudah mantap mau berkarier di dunia migas, ikut sertifikasinya di MMS, ya!