Perbesar Peluang untuk Direkrut Lewat LinkedIn Melalui Career Development Gratis

Perbesar Peluang untuk Direkrut Lewat LinkedIn Melalui Career Development Gratis

Seiring berjalannya waktu, proses rekrutmen terus mengalami perubahan. Dalam 1 tahun terakhir saja, LinkedIn melaporkan melalui LinkedIn Global Talent Trends bahwa terdapat penurunan tingkat perekrutan (hiring rate) pada 17 negara yang mereka teliti. Indonesia menjadi salah satu negara yang mengalami penurunan tingkat perekrutan dengan persentase penurunan sebesar 34%. Menurut LinkedIn, penurunan tingkat perekrutan ini dikarenakan bisnis atau perusahaan memiliki tantangan tersendiri untuk menemukan orang-orang yang memiliki skills (keterampilan) yang dibutuhkan dan mampu meningkatkan skills mereka.

Di samping itu, sering pula ditemukan gap antara ekspektasi pemberi kerja dengan pelamar kerja. SHRM menyebutkan perusahaan masih kesulitan menemukan pekerja karena adanya tren baru terkait skills yang dibutuhkan untuk 5 tahun ke depan. Kesenjangan keterampilan (skills gap) yang besar ini menjadi salah satu hambatan bagi perusahaan untuk memperbarui model bisnisnya.

Oleh karena itu, Mutiara Mutu Sertifikasi (MMS) hadir untuk membantu kamu memenuhi kesenjangan keterampilan tersebut lewat program pendidikan dan pelatihan yang berkualitas di bidang K3. Bukan hanya itu, MMS juga memiliki program pengembangan karier gratis bertajuk MMS Career Development Program. Program ini dirancang untuk membantu alumni bersiap memasuki dunia kerja dengan percaya diri dan kemampuan yang relevan, sehingga persiapan alumni memasuki dunia profesional jadi lebih matang mulai dari proses rekrutmen hingga proses bekerja nantinya.

MMS Career Development Program (CDP) adalah program bimbingan karier yang diselenggarakan rutin di MMS untuk membantu alumni pada proses rekrutmen, mulai dari pembuatan CV hingga tahap interview. Harapan MMS dari program ini tentunya agar ilmu dan informasi yang diberikan bermanfaat bagi alumni, baik itu untuk career switching atau memulai karier di bidang K3.

Career Development

Macam-macam Kegiatan yang Ada pada Program Pengembangan Karier

Program pengembangan karier atau Career Development Program memiliki berbagai jenis kegiatan, tergantung pada konteks maupun tempatnya. Pada pelaksanaannya, MMS Career Development Program terdiri dari 3 kegiatan utama, yaitu:

  1. Sharing Session Alumni

Sharing session alumni adalah kegiatan di mana alumni MMS yang telah memiliki pengalaman dan kesuksesan dalam karier K3-nya membagikan pengetahuan, wawasan, dan pengalaman mereka dengan peserta yang tertarik atau sedang mengembangkan karier dalam bidang yang sama. 

Sesi ini akan diisi oleh alumni MMS yang telah menjadi praktisi K3 berpengalaman di berbagai industri K3. MMS sendiri sering mengundang alumni yang antusias berbagi wawasan berharga dan pemahaman mendalam tentang dunia kerja yang sebenarnya. Dari para alumni yang sudah terjun di dunia K3 ini, alumni MMS lainnya dapat mengenal dan memahami perkembangan terkini dalam industri K3 serta isu-isu apa saja yang sedang tren.

  1. Bimbingan Cara Menyusun CV, Portfolio, dan Persiapan Wawancara

Program pengembangan karier ini juga membantu peserta dalam merancang CV atau resume dan portfolio yang efektif. Sesi ini nantinya akan diisi langsung oleh HRD profesional agar peserta dapat memperoleh informasi yang relevan dengan tren rekrutmen yang ada.

Selain itu, peserta juga akan dipandu oleh alumni terkait informasi lebih lanjut mengenai tahapan interview awal hingga interview lanjutan yang lebih mengarah pada pembahasan mengenai teknis K3. Keterampilan ini sangat penting dalam proses pencarian kerja karena termasuk dalam proses awal rekrutmen kerja.

  1. Networking

Melalui program pengembangan karier, peserta dapat membangun jaringan profesional yang luas. Sebab, seperti yang telah dibahas sebelumnya, program ini sering melibatkan interaksi antar sesama alumni, praktisi K3, dan HRD. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk memperluas relasi. Semakin aktif dalam menjalin koneksi, semakin dekat pula pelamar dengan pekerjaan dan industri impiannya.

Tujuan Career Development Program di MMS

  1. Meningkatkan Kemampuan Kerja

Melalui Career Development Program, alumni atau calon pekerja akan mengetahui bagaimana keterampilan dan pengetahuan mereka dapat diterapkan di tempat kerja. Ini akan memberi mereka pemahaman yang lebih baik tentang apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi calon pekerja K3 yang kompeten di industrinya.

  1. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Selama Career Development Program berlangsung, akan ada banyak praktik dari materi yang dibahas, seperti misalnya latihan interview. Kegiatan ini dapat mengembangkan rasa percaya diri peserta dalam menghadapi tantangan di dunia kerja, termasuk pada tahap rekrutmen.

  1. Memfasilitasi Pemilihan Karier yang Baik

MMS memiliki lulusan atau alumni yang tersebar di berbagai industri, dari perusahaan nasional hingga multinasional. Oleh karena itu, Career Development Program dapat memberikan bayangan kepada alumni lainnya tentang bagaimana karier di industri tersebut. Program ini juga dapat mendorong alumni untuk memilih jalur karier yang sesuai dengan minat dan tujuan mereka.

  1. Membentuk Profesionalisme

Bimbingan dan sharing session bersama alumni serta HRD profesional membantu peserta untuk memahami etika kerja. Dengan begitu, para alumni dapat menerapkan perilaku profesional di tempat kerja.

  1. Membantu Proses Pencarian Pekerjaan

Program Career Development MMS dapat membantu peserta dan alumni mendapatkan bekal dan kemampuan yang diperlukan untuk mencari pekerjaan melalui bimbingan pembuatan CV, portfolio, dan persiapan untuk wawancara.

Dengan banyaknya keuntungan mengikuti program pengembangan karier atau Career Development Program, dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini penting untuk memperoleh pengetahuan dan skills yang diperlukan untuk mencapai tujuan karier kita. Oleh karena itu, MMS rutin mengadakan Career Development Program dan akan kembali melaksanakannya pada tanggal 30 September 2023. Kabar baiknya, MMS Career Development Program (CDP) adalah program yang diadakan secara gratis untuk alumni MMS. Tertarik dengan kegiatan ini? Yuk, daftar Sertifikasi K3 di MMS sekarang!

Career Development