Mengenal Supply Chain Management dan Peluang Karir yang Patut Dipertimbangkan

Mengenal Supply Chain Management dan Peluang Karir yang Patut Dipertimbangkan

Mengenal Supply Chain Management dan Peluang Karir yang Patut Dipertimbangkan

Tertarik berkarir di bidang yang selalu dibutuhkan, terutama di tengah perkembangan e-commerce dan toko online? Kalau iya, meniti karir di bidang supply chain management atau manajemen rantai pasokan bisa menjadi salah satu jawabannya.

Keberhasilan suatu e-commerce bergantung pada tingkat kepuasan pelanggan. Salah satu hal yang mampu mempengaruhi tingkat kepuasan ini adalah proses pengiriman. Suatu perusahaan dapat kehilangan calon pelanggan apabila proses pengirimannya lambat. Inilah mengapa SCM menjadi salah satu komponen penting yang tidak boleh ketinggalan.

Apa itu Supply Chain Management ?

Supply chain adalah suatu rantai yang mempertemukan perusahaan dengan pemasok bahan dasar, pabrik yang akan mengelola produk, logistik, dan lain sebagainya.

Nah, Supply Chain Management (SCM) inilah yang nantinya akan mengelola rantai tersebut agar perusahaan dapat melakukan efisiensi biaya pengeluaran pada produk sekaligus memenuhi kebutuhan pelanggan.

Peluang Karir di Bidang Supply Chain Management

Sekarang kamu udah cukup paham tentang SCM, bukan? Selanjutnya, kamu bisa menentukan arah karir yang ingin kamu jalani ke depannya. Dikutip dari Rasmussen University, ada banyak peluang karir yang bisa kamu kejar di bidang ini, lho, seperti:

1. Operations manager

Operation manager bertanggung jawab atas keseluruhan operasional perusahaan. Tugasnya mencakup pada pengarahan dan pengoordinasian kegiatan yang berhubungan dengan produksi, penetapan harga, dan distribusi produk.

2. Logistics Analyst

Logistics analyst bertanggung jawab dalam menyediakan analisis berkelanjutan di berbagai bidang seperti biaya transportasi, pengadaan suku cadang, pesanan kembali, hingga proses pengiriman.

3. Supply Chain Manager

Supply chain manager bertanggung jawab dalam kegiatan koordinasi supply chain untuk membatasi biaya, meningkatkan customer services, hingga keselamatan.

4. Storage & Distribution Manager

Storage & distribution manager bertanggung jawab untuk mengawasi operasi penyimpanan, termasuk perusahaan yang terlibat dalam penyimpanan atau pendistribusian bahan atau produk. Profesi ini juga bertugas untuk menerapkan program keselamatan dan keamanan gudang.

5. Purchasing manager

Purchasing manager bertanggung jawab untuk mencari, meneliti, dan membuat kontrak dengan pemasok bahan atau produk. Mereka bekerja untuk menemukan kualitas tertinggi, bahan yang paling hemat biaya, hingga bernegosiasi untuk menerima kesepakatan terbaik untuk perusahaan.

Overall, SCM adalah bidang yang sangat menjanjikan, bukan?

Tapi, gimana caranya untuk memperoleh pengetahuan praktis untuk meluncurkan karir di bidang ini? Jawaban terbaiknya adalah dengan memperoleh pendidikan, entah itu pendidikan formal di universitas atau kamu juga bisa ikut program sertifikasi yang relevan.

Nah, apabila kamu ingin membuka pintu karirmu ke beberapa posisi SCM seperti yang disebutkan di atas, mengikuti program pelatihan Supply Chain Management di Mutiara Mutu Sertifikasi bisa menjadi pilihan yang tepat, lho.

Metode pembelajaran dua arah dengan tenaga ahli di bidangnya tidak hanya akan membekali kamu dengan wawasan teori semata. Kamu juga akan dibimbing untuk mampu mengaplikasikannya langsung di dunia kerja melalui pembelajaran studi kasus yang akan diberikan.

Menarik, bukan? Tak perlu menunggu lama, ikuti pelatihannya sekarang juga! Klik Disini Untuk melihat Jadwal Pelatihan