Karaktersitik limbah B3 : Pahami Sebelum Mulai Mengelola

Karaktersitik limbah B3 : Pahami Sebelum Mulai Mengelola

Karakteristik limbah b3 – Proses industry yang ada pada masa kini memang sangat membantu umat manusia dalam kehidupan sehari hari, entah itu untuk memenuhi kebutuhan sehari hari atau untuk mempermudah pekerjaan sehari hari. Kehadiran teknologi ini seperti merubah keadaan manusia itu sendiri karena teknologi adalah hal baru yang belum pernah ada sebelumnya.

Jika dilihat persamaannya, penggunaan teknologi ini seperti cerita pada film favorit penulis yaitu Dr. Strange. Saat Dr. Strange menggunakan the eye of aganomoto untuk mengendalikan waktu, Baron Mordo menyampaikan bahwa itu adalah kegiatan yang melawan dan merubah takdir sehingga aka nada Konsekunsinya saat alam di rubah.

Itu yang terjadi saat ini, ketika teknologi digunakan semakin marak maka ada konsekuensinya berupa muncul limbah yang merupakan sampah produksi yang sudah tidak bisa digunakan. Beberapa sampah ada yang tidak berbahaya tapi ada juga yang berbahaya dan masuk ke dalam kategori limbah bahan berbahaya dan beracun yang kita kenal dengan limbah B3.

Kehadiran limbah B3 ini perlu peran manusia  untuk mengelola dengan tujuan menjauhkan limbah ini dari jangkauan manusia atau alam karena Karakteristik limbah b3 yang berbahaya. Untuk mengelolanya, anda perlu tahu apa itu karakteristik yang terdapat pada limbah b3 karena setiap karakter punya cara tersendiri untuk menanganinya.

Berikut ini adalah karakteristik – karakteristik imbah B3 ;

  • Mudah meledak : limbah yang mudah meledak melalui reaksi kimia atau fisika dan mampu merusak lingkungan sekitar dengan cepat
  • Mudah menyala : Limbah bertekanan yang mudah terbakar, ada yang berbentuk cairan dan juga berbentuk benda padat.
  • Reaktif : limbah yang apabila bercampur dengan air dapat meledak atau menghasilkan gas dan berbahaya bagi sekitar
  • Infeksius : Limbah medis bisa berupa alat medis yang sudah tidak terpakai atau potongan amputasi serta bagian tubuh manusia yang terinfeksi virus
  • Korosif : Limbah yang mampu memberikan efek iritasi pada kulit
  • Beracun : Mengandung pencemar yang bersifat beracun bagi manusia atau lingkungan yang bisa menyebabkan keracunan atau kematian saat masuk ke tubuh melalui kulit atau selaput lendir.