Jaga Diri dan Keluarga Tetap Aman Saat Terjadi Bencana Letusan Gunung Api dengan Tips Ini

Jaga Diri dan Keluarga Tetap Aman Saat Terjadi Bencana Letusan Gunung Api dengan Tips Ini

GunungSemeru di Jawa Timur mengalami erupsi pada Sabtu (4/12/2021), sekitar pukul 15.00 WIB. Hingga Senin, (6/12/2021), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut korban meninggal akibat erupsi Semeru bertambah menjadi 15 orang, sementara 27 orang lainnya masih dinyatakan hilang.

Bencana vulkanik yang datang tanpa pertanda ini menjadi pengingat bagi semua pihak untuk selalu berwaspada. Sebab Gunung Semeru bukanlah satu-satunya gunung api aktif di Indonesia. Menurut catatan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, ada 127 gunung api aktif di negara kita, lho.

Tidak dapat dipungkiri bahwa akan selalu ada ancaman bencana vulkanik bagi masyarakat yang tinggal di sekitar gunung api. Material berupa abu, lahar, batuan padat, hingga gas berbahaya yang dapat keluar dalam letusan gunung api berpotensi menimbulkan berbagai dampak, seperti membahayakan nyawa, menganggu perjalanan udara, hingga menghancurkan rumah dan harta benda.

Apabila kamu tinggal di dekat gunung api dan mau menjaga keluargamu tetap aman dari bencana vulkanik, Palang Merah Amerika punya tips-tipsnya nih. Yuk, simak tips dari Palang Merah Amerika yang telah MMS rangkum di bawah ini!

Sebelum Terjadi Letusan
Bencana dapat terjadi kapan saja dan nggak bisa dihindari. Oleh karena itu, penting banget bagi kita untuk selalu waspada dan siap siaga dari jauh-jauh hari. Ada beberapa hal yang bisa kamu siapkan untuk menghadapi bencana vulkanik, antara lain sebagai berikut:

  1. Menyiapkan survival kit, yakni seperangkat alat dan perlengkapan dasar yang disiapkan sebagai bantuan untuk bertahan hidup dalam keadaan darurat.
  2. Membuat rencana evakuasi keluarga termasuk hewan peliharaan
  3.  Memastikan setiap anggota keluarga paham apa yang harus dilakukan saat situasi darurat. Ini bisa dilakukan dengan mendiskusikan rencana darurat sebelumnya dengan keluarga.
  4. Apabila kamu punya asuransi, coba cari tahu apa yang bisa dan yang tidak bisa ditanggung oleh polis pemilik rumah jika terjadi letusan gunung api.

Selama Letusan Gunung Api

  1. Tetap update dengan berita di televisi atau radio lokal untuk memperoleh informasi dan instruksi terbaru
  2. Ikuti semua perintah evakuasi yang dikeluarkan oleh pihak berwenang. Kamu juga bisa terapkan rencana darurat yang disiapkan sebelumnya. Apabila kamu berada di zona bahaya, segera tinggalkan rumah dan pergi ke tempat evakuasi yang tersedia.
  3. Apabila berada di dalam ruangan, tutup semua jendela dan pintu untuk menghindari masuknya abu vulkanik ke dalam rumah.
  4. Bawa hewan ternak ke tempat perlindungan yang aman dan tertutup agar abu vulkanik tidak terhirup.

Setelah Letusan Gunung Api

  1. Apabila memungkinkan untuk melakukan kontak, kamu bisa coba untuk menghubungi keluarga untuk memberi kabar bahwa kamu aman.
  2. Apabila dievakuasi, jangan kembali ke rumah sebelum ada kepastian keamanan dari pihak yang berwenang.
  3. Selalu update dengan berita terkini untuk informasi dan instruksi terbaru.