Artikel » Material Safety Data Sheet : Lembar Bukan Sembarang Lembar

Material Safety Data Sheet : Lembar Bukan Sembarang Lembar

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Material Safety Data Sheet  – MSDS merupakan akronomi dari Material Safety data Sheet atau yang dalam bahasa Indonesia dapat diartikan Lembar Data Keselamatan Bahan. MSDS adalah dokumen yang berisi informasi tentang potensi bahaya (kesehatan, kebakaran, reaktivitas, dan lingkungan) dan cara bekerja secara aman dengan produk kimia tersebut.

Informasi yang terdapat di MSDS setidaknya mencakup 16 bagian yaitu sebagai berikut:

Bagian 1 — Identifikasi: Pengidentifikasi produk, nama pabrikan atau distributor, alamat, nomor telepon, nomor telepon darurat, penggunaan yang disarankan, dan pembatasan penggunaan.

Bagian 2 — Identifikasi bahaya: Semua bahaya mengenai bahan kimia dan elemen label yang diperlukan.

Bagian 3 — Komposisi / Informasi tentang bahan: Informasi tentang bahan kimia dan klaim rahasia dagang.

Bagian 4 — Tindakan pertolongan pertama: Diperlukan perawatan pertolongan pertama yang diperlukan untuk terpapar bahan kimia dan gejala (langsung atau tertunda) dari paparan.

Bagian 5 — Tindakan pencegahan kebakaran: Teknik dan peralatan yang direkomendasikan untuk memadamkan api yang melibatkan bahan kimia dan bahaya yang mungkin terjadi selama pembakaran.

Bagian 6 — Tindakan pelepasan tidak sengaja: Langkah-langkah yang harus diambil jika terjadi tumpahan atau pelepasan yang melibatkan bahan kimia. Termasuk: prosedur darurat, peralatan pelindung dan metode penahanan dan pembersihan yang tepat.

Bagian 7 — Penanganan dan penyimpanan: Pencegahan untuk penanganan dan penyimpanan yang aman, termasuk ketidakcocokan.

Bagian 8 — Kontrol pemaparan / Perlindungan pribadi: Batas pemajanan yang diizinkan (PEL) OSHA, nilai ambang batas (TLV), kontrol teknik yang sesuai, dan peralatan pelindung pribadi (APD).

Follow us

Artikel Terkait