Artikel » Sertifikat AK3 Umum Bisa Didapatkan Dengan Cara Apa ?

Sertifikat AK3 Umum Bisa Didapatkan Dengan Cara Apa ?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sertifikat AK3 Umum – Dalam dunia kerja, perusahaan diharuskan untuk menerapkan persyaratan K3 untuk mengurangi kecelakaan dan penyakit yang timbul akibat pekerjaan. Berangkat dari masalah ini, pemerintah akhirnya membuat suatu program penunjukan ahli K3 umum yang menjadi tangan panjang pemerintah dalam melakukan pengawasan terhadap pekerjaan supaya berjalan sesuai Undang-Undang yang berlaku. Masalahnya, tak sembarang orang bisa menjadi ahli K3 umum.

Calon ahli K3 umum harus mengikuti sertifikasi K3 umum untuk mengukur sejauh apa tingkat kompetensinya di bidang K3. Setelah sertifikasi usai, nantinya peserta akan mendapatkan sertifikat K3 umum sebagai bukti telah lolos pengujian. Siapa yang Mengeluarkan Sertifikat Ahli K3 Umum? Setidaknya ada tiga lembaga yang berhak mengeluarkan sertifikat K3 umum, yaitu BNSP, LSP, dan Kemnaker. Untuk LSP, sertifikat K3 umumnya sama dengan BNSP karena LSP berada di bawah naungan BNSP.

Dari ketiga Lembaga tersebut, masing masing punya keunggulan yang berbeda akan tetapi untuk skala nasional sertifikat AK3 umum yang dikeluarkan oleh KEMNAKER lebih banyak diminati oleh para pekerja atau calon pekerja. Untuk memudahkan pelaksanaan, KEMNAKER RI menunjuk beberapa PJK3 selaku pelaksana dari pelatihan ahli K3 umum untuk bisa memberikan pelatihan dan pendadaran sesuai dengan standard dari KEMNAKER RI.

Salah satu nya adalah memberikan pemahaman pada perserta tentang kewajiban sebagai AK3U itu sendiri seperti ; Membantu mengawasi pelaksanaan peraturan perundang-undangan K3 sesuai dengan bidang yang ditentukan, memberikan laporan kepada Menteri atau pejabat yang ditunjuk sesuai keputusan penunjukannya yaitu tiap 3 bulan atau ditentukan lain bagi Ahli K3 Umum serta setiap selesai memberikan jasa bagi Ahli K3 yang berada pada perusahaan jasa serta merahasiakan segala keterangan tentang rahasia perusahaan/instansi yang di dapat berhubungan dengan jabatannya.

Setelah mengikuti pelatihan selama kurang lebih 12 hari maka peserta akan mendapatkan sertifikat AK3 umum dari KEMNAKER RI apabila memenuhi persyaratan pelatihan, sertifikat tersebut dapat digunakan sebagai modal untuk menjadi tenaga ahli HSE di beberapa perusahaan di Indonesia, jika anda berminat untuk mengikuti pelatihan ini silakan klik link berikut ini lalu pilih pelatihan AK3U yang tersedia, see you in our class.

Follow us

Artikel Terkait