Uncategorized » Seberapa Aman Sungai Aare? Yuk Cek Aspek Safety-nya!

Seberapa Aman Sungai Aare? Yuk Cek Aspek Safety-nya!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
aare river

Seberapa Aman Sungai Aare? Yuk Cek Aspek Safety-nya!

 

Warna air berwarna biru dan jernih menjadi ciri khas Sungai Aare yang memikat hati. Lantas, apakah aman untuk berenang di sungai cantik ini?

Dikutip dari situs Bern, berenang di Sungai Aare adalah aktivitas yang biasa dilakukan warga lokal Bern dan turis saat mengunjungi Ibu Kota Swiss. Berenang di sungai umumnya sudah menjadi kegiatan favorit warga lokal Bern di musim panas. Bahkan, berenang di Sungai Aare telah masuk ke dalam daftar tradisi hidup atau List of Living Traditions UNESCO sejak tahun 2017.

Meskipun begitu, berenang di Sungai Aare belum bisa dibilang 100 persen aman.

Data Insiden di Sungai Aare

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Swiss menyatakan bahwa rata-rata 15-20 insiden terjadi dalam setahun ketika orang hanyut atau tenggelam di Sungai Aare.

Kasus kecelakaan yang tidak jarang dapat terjadi tak menyurutkan minat masyarakat untuk berenang di Aare, sungai yang memiliki sumber mata air berupa gletser atau sungai es dari Pegunungan Alpen.

Mengetahui hal tersebut, pemerintah setempat juga telah memfasilitasi pengunjung dengan beberapa aspek safety sebagai langkah antisipasi insiden, loh. Yuk cari tau di bawah.

 

  1. Rambu-rambu peringatan di sepanjang sungai

Map aare river
Sumber: Bern Aare Map

Untuk meminimalisir terjadinya insiden, banyak upaya antisipasi yang dilakukan oleh pemerintah setempat, salah satunya yaitu memasang rambu-rambu keselamatan di sepanjang sungai.

Rambu-rambu ini menuniukkan berbagai arahan keamanan bagi pengunjung, mulai dari zona yang harus dihindari, posisi rest area, opsi keluar yang bagus untuk pengemudi sampan, jarak berenang yang ideal, dan lain sebagainya.

 

  1. Kampanye “Aare You Safe?” Untuk Meningkatkan Awareness Pengunjung 

Aare you safe?
Sumber: Bern.ch “Aare you safe?”

Sejak tahun 2019, Kota Bern bekerja sama dengan berbagai oragnisasi mitra untuk meluncurkan kampanye ‘Aare You Safe?’. Kampanye ini dilakukan untuk mengingatkan kembali masyarakat akan bahaya yang ada di Sungai Aare.

Kata “It’s not a game” atau “itu bukan permainan” dimaksudkan untuk menyampaikan pesan bahwa berenang di sungai bisa menyenangkan jika aturan tertentu diikuti.

 

  1. Aturan Keselamatan Renang di Sungai Aare

Pemerintah setempat juga menetapkan 6 aturan berenang di Sungai Aare sebagai langkah pencegahan insiden. Adapun aturan tersebut terdiri dari:

  • Anak-anak diizinkan berada di dekat air hanya bila dalam pengawasan. Untuk anak kecil harus berada dalam jangkauan tangan.
  • Jangan pernah masuk ke air jika Anda berada di bawah pengaruh alkohol atau obat-obatan!
  • Jangan pernah berenang dengan perut penuh atau sangat kosong.
  • Jangan pernah melompat ke dalam air dalam keadaan tubuh sedang kepanasan karena tubuhmu butuh waktu untuk menyesuaikan.
  • Jangan menyelam ke area air yang keruh atau tidak dikenal
  • Jangan pernah berenang jarak jauh sendirian, bahkan perenang profesional pun dapat mengalami kelamahan mendadak

Intinya, selalu lakukan survey terkait tempat wisata yang mau dikunjungi sebelum kedatangan. Jangan lupa untuk selalu patuhi rambu-rambu keselamatan yang ada.

Follow us

Artikel Terkait