Artikel » Safety Officer : 3 Hal yang harus dimiliki oleh SHE Officer, Nomer 3 Bikin Deg-Degan

Safety Officer : 3 Hal yang harus dimiliki oleh SHE Officer, Nomer 3 Bikin Deg-Degan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Safety Officer РSafety Health Environment Officer atau SHE Officer adalah sebuah pekerjaan atau suatu posisi yang diberi nama safety officer. Menjadi seorang SHE Officer terlebih dulu harus turut mengikuti pembinaan Calon Ahli K3 Umum seperti yang di selenggarakan oleh PT. MutiaraMutu Sertifikasi serta memperoleh surat penunjukan dari Disnakertrans. Sesuai namanya, SHE officer ini bekerja untuk pastikan jika semua pekerja dalam keadaan dan situasi yang aman serta selamat.

Safety Officer atau SHE Ofiicer juga memiliki tugas serta tanggung jawab dalam keselamatan, kesehatan dan juga lingkungan kerja. Standar aplikasi K3 pada setiap perusahaan pada intinya hampir sama. Namun, mengingat aplikasinya yang sesuai dengan keadaan perusahaan apakah konstruksi, tambang, migas atau malah perusahaan yang lain, karena itu pekerjaan serta tanggung jawab SHE officer menyesuaikan. Namun demikian, pokok pekerjaan Safety officer ialah merencanakan, membuat, melakukan serta menilai program keselamatan dan kesehatan kerja dengan detil tugasnya seperti berikut:

  1. Mengidentifikasi sekaligus juga pemetaan dari kekuatan bahaya yang berkesempatan terjadi pada lingkungan kerja. Tidak kecuali seorang SHE officer harus juga membuat tingkatan atau level dari efek bahaya sampai dengan peluang efek bahaya itu sampai terjadi.
  2. Membuat satu ide berkaitan dengan program K3. Program yang dimaksud sebaiknya meliputi usaha pencegahan dan usaha koreksi. Dimana arah usaha mencegah ini bertujuan mengurangi adanya efek bahaya atau terjadinya kecelakan dalam lingkungan kerja. Sementara adanya usaha revisi ditujukan untuk mengatasi dengan cepat bila berlangsung bahaya atau kecelakaan dalam lingkungan kerja.

  1. Membuat sekaligus memelihara beberapa dokumen yang terkait langsung dengan K3. Tersedianya pendokumentasian yang baik, berbentuk dokumen serta banyak beberapa hal administrasi yang lain, jadi salah satunya faktor yang jangan disepelekan dalam menghindarkan bahaya. Begitupun waktu mengatasi bahaya yang terjadi di lingkungan kerja.
  2. Melakukan evaluasi adanya peluang atau kesempatan kejadian kecelakaan yang bisa terjadi. Harus melakukan analisa akar permasalahan tentang kecelakaan, bisa terjadi terhitung aksi mencegah serta koreksi. SHE officer harus juga bisa melakukan monitoring dari efektivitas program yang sedang berjalan.
  3. Tidak kalah penting dari mengurus kesehatan keselamatan kerja, SHE officer juga harus jadi jembatan diantara pemerintah serta perusahaan. Dalam kata lain, SHE officer jadi penghubung diantara peraturan yang diharapkan oleh pemerintah serta kebijaksanaan implementasi yang dikerjakan oleh perusahaan.

Setelah membahas pengertian SHE Officer serta tugas dan tanggung jawab berikut merupakan 3 hal yang wajib dimiliki oleh seorang SHE officer yaitu :

  1. SKILL

Sebagai seorang SHE officer tentunya harus memiliki skill dalam beradaptasi, melakukan promosi, berfikir preventif, bertindak kuratif sampai bagaimana perencanaan rehabilitative sebuah perusahaan.

  1. INTEGRITAS

Selalu mempunyai integritas dalam bekerja, menjadikan SHE officer dapat membuat strategi dalam suatu perubahan implementasi K3 di perusahaan.

  1. PASSION

Mempunyai passion atau sebuah dorongan pribadi yang kuat untuk selalu berusaha mencari peluang penerapan K3 terbaik untuk perusahaan adalah sebuah target yang mulia untuk seorang SHE officer.

Follow us

Artikel Terkait