Artikel » Cara Penanganan Limbah B3 : Penting Untuk Diketahui

Cara Penanganan Limbah B3 : Penting Untuk Diketahui

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Cara Penanganan Limbah B3 – Dalam dunia produksi barang sudah menjadi rahasia umum akan adanya sesuatu yang dihasilkan dari proses produksi itu selain produk yang diinginkan, sesuatu tersebut adalah limbah. Menurut wikipedia, Limbah adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga). Di mana masyarakat bermukim, di sanalah berbagai jenis limbah akan dihasilkan. Ada sampah, ada air kakus (black water), dan ada air buangan dari berbagai aktivitas domestik lainnya (grey water).

Limbah padat lebih dikenal sebagai sampah, yang sering kali tidak dikehendaki kehadirannya karena tidak memiliki nilai ekonomis. Bila ditinjau secara kimiawi, limbah ini terdiri dari bahan kimia Senyawa organik dan Senyawa anorganik. Dengan konsentrasi dan kuantitas tertentu, kehadiran limbah dapat berdampak negatif terhadap lingkungan terutama bagi kesehatan manusia, sehingga perlu dilakukan penanganan terhadap limbah. Tingkat bahaya keracunan yang ditimbulkan oleh limbah tergantung pada jenis dan karakteristik limbah.

Nah, untuk limbah yang berdampak buruk pada lingkungan disebut dengan limbah B3 (bahan berbahaya dan beracun). tingkat berbahaya dari limbah B3 sendiri bisa sampai merenggut nyawa pekerja atau warga yang berada disekitar lokasi produksi. Oleh karena itu perlu pemahaman lebih luas terkait cara penanganan limbah b3 itu sendiri.

Kenapa penekanan dari limbah b3 ini lebih ke cara penanganan limbah b3 ? kenapa tidak ke regulasi pelarangan limbah saja ? Karena hampir 90% kecelakaan kerja diakibatkan kelalaian SDM nya dalam memahami dan aware terhadap bahaya dari limbah b3 itu sendiri. Oleh karena itu penekanannya lebih ditujukan kepada SDM yang bekerja disitu atau yang ingin berkecimpung dalam dunia Safety, Health and Environment. limbah-b3

Meningkatkan pemahaman dan awereness tidak bisa dilakukan secara mandiri dengan hanya trial & eror tapi dilakukan dalam bentuk FGD di ruang kelas yang penuh dengan diskusi terkait penanganan limbah b3 itu sendiri. Jika anda tertarik dengan hal ini dan ingin membekali diri dengan skill ini, anda dapat bergabung dengan Environmental Training Series di Mutiara Mutu Sertifikasi.

Cek pelatihannya disini dan temukan kelas yang cocok dengan anda serta dapatkan pekerjaan impian, see you in our class !

Follow us

Artikel Terkait