Artikel » Cara Keluar dari Zona Nyaman? Simak Cerita Gita Savitri Selama Kuliah di Jerman Supaya Kamu Berani Memulai

Cara Keluar dari Zona Nyaman? Simak Cerita Gita Savitri Selama Kuliah di Jerman Supaya Kamu Berani Memulai

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Cara Keluar dari Zona Nyaman? Simak Cerita Gita Savitri Selama Kuliah di Jerman Supaya Kamu Berani Memulai 

Siapa, sih, yang gak tahu sosok Gita Savitri? Instagram dan channel Youtube tempatnya berbagi banyak hal menarik dan bermanfaat seputar Jerman, pendidikan, opini, isu-isu sosial, sains, hingga perjalanan hidupnya yang luar biasa membuat nama Gita Savitri dikenal banyak orang.

Mungkin kamu juga udah gak asing dengan nama Gita Savitri. Yap akhir-akhir ini, nama Gita Savitri memang sedang ramai diperbincangkan karena keputusan pribadinya yang tidak ingin memiliki anak atau child-free.

Namun terlepas dari keramaian dunia maya soal hal ini, coba kenal lebih dalam dengan sosok Gita Savitri yang menginspirasi, yuk!

Gita Savitri Devi atau kerap disapa dengan panggilan Gitasav adalah seorang konten kreator video, penulis buku, dan influencer yang saat ini tinggal di Jerman. Gita sudah menetap di Jerman sejak ia menempuh pendidikan S1 Kimia di Freie Universitat Berlin pada tahun 2010.

Perjalanan hidup Gita di Jerman tentu tidak seindah yang dibayangkan. Bertahan hidup di negeri orang saat usia masih belasan tahun tentu bukanlah hal yang mudah. Dalam video Youtube-nya yang berjudul “Kuliah di Jerman”, Gita bercerita banyak hal soal tantangan yang harus ia hadapi untuk bertahan, mulai dari kesulitan mengikuti perkuliahan selama dua semester lamanya, tantangan berbahasa jerman, dan banyak lainnya.

“Kalau ujian, orang-orang biasanya belajar dua minggu sebelumnya, gue itu dua bulan sebelumnya udah mulai belajar saking ngerasa takut karena gak ngerti apa-apa,” curhat Gita tentang usaha yang ia lakukan untuk bertahan di dunia pendidikan Jerman yang super ketat pada video Youtube-nya.

Gita bercerita bahwa kuliah di Jerman memang butuh mental baja. “Setelah kuliah, ijazah di sini tuh gak penting-penting banget, tapi yang berubah itu mental kita jadi lebih kuat. Orang-orang yang bisa lulus di sini bukan orang-orang yang pinter, tapi orang-orang yang rajin, tahan banting, dan tangguh” terang Gita saat menceritakan petuah dari pamannya yang juga lulusan Jerman.

Apabila pada akhirnya nanti pekerjaan Gita tidak berhubungan dengan pendidikan yang ditempuhnya, ia mengaku tidak masalah dan tidak menyesal sama sekali. “Kalau lo mencari ilmu, ilmu itu gak akan pernah sia-sia. Gue ngerasa 6 tahun kuliah di sini justru dapat lebih banyak pengalaman daripada 18 tahun gue di Indonesia” tutupnya.

Nah, begitu pula di dunia kerja. Kalau kamu enggan meninggalkan zona nyaman, lalu gimana caranya kamu bisa berkembang? Atau mungkin kamu mau keluar dari zona nyaman, tapi masih gak tahu harus memulai dari mana?

Rasa enggan untuk keluar dari zona nyaman umumnya didasari karena rasa takut untuk memulai. Ini wajar, kok! Tapi, kamu perlu ingat bahwa rasa takut itu perlu dilawan. Salah satu cara menghadapi rasa takut ini adalah dengan mempersiapkan diri kamu dengan matang.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan sebagai langkah persiapan. lho. Salah satunya dengan mengikuti pelatihan di Mutiara Mutu Sertifikasi untuk memperkuat skill dan pengalaman kamu dalam menghadapi berbagai tantangan di dunia kerja.

Sudah siap melakukan perubahan besar pada dirimu seperti yang dilakukan Gita Savitri? Daftarkan diri kamu segera di sini.

Follow us

Artikel Terkait